Kamis, 21 Juni 2012

Information about E-Commerce

Apa kalian sudah pernah mendengar E-Commerce?

Apa kalian sudah pernah mengunakan E-Commerce?

For Your Information…
E-Commerce menurut penggabungan bahasa yang terdiri dari E (Elektronik) dan Commerce (Komersial) atau perdagangan. Jadi E-Commerce bisa disebut juga Perdagangan Elektronik. Yang dimaksud dengan Perdagangan Elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
Apalagi sekarang jaman sudah terlalu canggih karena dengan adanya E-Commerce kita bisa mencari barang yang kita inginkan atau menjual barang yang ingin kita jual. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-Commerce merupakan salah satu peluang yang menguntungkan kedua pihak (penjual&pembeli) karena kegitaatan dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan bagi E-Bisuness yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti : seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

SEJARAH SINGKAT E-COMMERCE
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011

Beberapa keunggulan E-Commerce :
1.    Pembeli dapat menghemat waktu dalam pembelian barang
2.    Penjual bisa memajang buka took selama 7 x 24 jam, karena tidak terbatas waktu, dan bisa mendapatkan pelanggan dari mana saja.
3.    Penjual tidak perlu menyewa sebuah space toko atau gerai yang berlokasi strategis untuk memajang produk dan agar lebih laku produk kita dan memiliki banyak pelanggan.
4.    Pembeli dapat dengan mudah dalam mendapatkan berang tanpa harus berjalan jauh.
5.    Penjual dengan mudah menyebarkan informasi penjualan terhadap konsumen
6.    Pembeli juga bisa mendapatkan discount khusus dalam melakukan pembeian berulang.

Beberapa kelaemahan E-Commerce :
1.    Adanya oknum “nakal” yang menyajikan barang palsu
2.    Menghilangkan rasa kesosilisasian
3.    Timbulnya rasa males untuk berpergian
4.    Lambanya pengiriman
5.    Penipuan pasca prabayar
6.    Kadang juga merepotkan apabila E-Commerce yg tersedia masih mengunakan transfer uang secara tunai.

Namun pada dasarnya Kepercayaan merupakan modal utama dalam transaksi.

Apabila terdapat penipuan, berikut merupakan tips menghidari penipuan dala E-Commerce :
1.    Memastikan toko tersebut memiliki reputasi yang baik dalam layanan purna jual
2.    Memastikan dengan mencari info mengenai kebenara toko tersebut
3.    jika toko tersebut memiliki fasilitas dari sebuah atau beberapa bank dalam pembayaran, misal klikpay dari bank BCA, atau pembayaran dengan kartu kredit. Maka bisa dipastikan toko tersebut benar dan memiliki reputasi yang baik juga.
4.    Melihat testimoni atau melakukan testimoni sendiri dari forum E-Commerce yang sudah tersedia

PERKEMBANGAN E-COMMERCE DI INDONESIA
Saat ini dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan internet di indonesia, telah memiliki dampak yang besar terhadap perubahan bisnis. Yaitu mulai dari cara beriklan, cara jual beli, cara berinteraksi antar manusia, dan sebagainya. Contoh e-commerce di Indonesia yang sudah popular dan memiliki reputasi yang baik adalah seperti www.berniaga.com www.tokobagus.com , www.gramedia.com.
Dengan ecommerce telah banyak merubah dalam proses jual-beli. Jika dalam suatu jual-beli penjual dan pembeli bertemu, namun jika dengan e-commerce mereka tidak perlu bertemu, mereka berinteraksi dengan melalui internet maupun dengan komunikasi melalui telepon. Dalam proses ini kepercayaanlah yang menjadi modal utama. Karena tanpa kepercayaan kedua belah pihak, maka proses jual-beli e-commerce bisa terjadi dan terlaksana. Namun dengan perkembangan yang semakin pesat, maka banyak toko online / e-commerce bermunculan. Baik mereka dengan memanfaatkan blog, social media, website. Dengan pesatnya ini membuat semakin mudahnya dalam jual beli.

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan E-Commerce :
o   E-mail dan Messaging
o   Content Management Systems
o   Dokumen, spreadsheet, database
o   Akunting dan sistem keuangan
o   Informasi pengiriman dan pemesanan
o   Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
o   Sistem pembayaran domestik dan internasional
o   Newsgroup
o   On-line Shopping
o   Conferencing
o   Online Banking

Waktu pembuatan : Jumat, 22/06/2012
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma