Apa kalian sudah pernah mendengar E-Commerce?
Apa kalian sudah pernah mengunakan E-Commerce?
For
Your Information…
E-Commerce menurut penggabungan bahasa yang terdiri dari
E (Elektronik) dan Commerce (Komersial) atau perdagangan. Jadi E-Commerce bisa
disebut juga Perdagangan Elektronik. Yang dimaksud dengan Perdagangan
Elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya.
Apalagi sekarang jaman sudah terlalu canggih karena
dengan adanya E-Commerce kita bisa mencari barang yang kita inginkan atau
menjual barang yang ingin kita jual. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-Commerce merupakan salah satu peluang yang
menguntungkan kedua pihak (penjual&pembeli) karena kegitaatan dagang ini
sebagai aplikasi dan penerapan bagi E-Bisuness yang berkaitan dengan transaksi
komersial, seperti : seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
SEJARAH
SINGKAT E-COMMERCE
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994
pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan
periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan
elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut
laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online
yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat
trilyun dolar US pada tahun 2011
Beberapa keunggulan E-Commerce :
1. Pembeli
dapat menghemat waktu dalam pembelian barang
2. Penjual
bisa memajang buka took selama 7 x 24 jam, karena tidak terbatas waktu, dan bisa
mendapatkan pelanggan dari mana saja.
3. Penjual
tidak perlu menyewa sebuah space toko atau gerai yang berlokasi strategis untuk
memajang produk dan agar lebih laku produk kita dan memiliki banyak pelanggan.
4. Pembeli
dapat dengan mudah dalam mendapatkan berang tanpa harus berjalan jauh.
5. Penjual
dengan mudah menyebarkan informasi penjualan terhadap konsumen
6. Pembeli
juga bisa mendapatkan discount khusus dalam melakukan pembeian berulang.
Beberapa kelaemahan E-Commerce :
1. Adanya
oknum “nakal” yang menyajikan barang palsu
2. Menghilangkan
rasa kesosilisasian
3. Timbulnya
rasa males untuk berpergian
4. Lambanya
pengiriman
5. Penipuan
pasca prabayar
6. Kadang
juga merepotkan apabila E-Commerce yg tersedia masih mengunakan transfer uang
secara tunai.
Namun pada dasarnya Kepercayaan merupakan modal utama
dalam transaksi.
Apabila terdapat penipuan, berikut merupakan tips menghidari penipuan dala
E-Commerce :
1. Memastikan
toko tersebut memiliki reputasi yang baik dalam layanan purna jual
2. Memastikan
dengan mencari info mengenai kebenara toko tersebut
3. jika
toko tersebut memiliki fasilitas dari sebuah atau beberapa bank dalam
pembayaran, misal klikpay dari bank BCA, atau pembayaran dengan kartu kredit. Maka
bisa dipastikan toko tersebut benar dan memiliki reputasi yang baik juga.
4. Melihat
testimoni atau melakukan testimoni sendiri dari forum E-Commerce yang sudah
tersedia
PERKEMBANGAN
E-COMMERCE DI INDONESIA
Saat ini dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi
dan internet di indonesia, telah memiliki dampak yang besar terhadap perubahan
bisnis. Yaitu mulai dari cara beriklan, cara jual beli, cara berinteraksi antar
manusia, dan sebagainya. Contoh e-commerce di Indonesia yang sudah popular dan
memiliki reputasi yang baik adalah seperti www.berniaga.com
www.tokobagus.com , www.gramedia.com.
Dengan ecommerce telah banyak merubah dalam proses
jual-beli. Jika dalam suatu jual-beli penjual dan pembeli bertemu, namun jika
dengan e-commerce mereka tidak perlu bertemu, mereka berinteraksi dengan
melalui internet maupun dengan komunikasi melalui telepon. Dalam proses ini
kepercayaanlah yang menjadi modal utama. Karena tanpa kepercayaan kedua belah
pihak, maka proses jual-beli e-commerce bisa terjadi dan terlaksana. Namun
dengan perkembangan yang semakin pesat, maka banyak toko online / e-commerce
bermunculan. Baik mereka dengan memanfaatkan blog, social media, website.
Dengan pesatnya ini membuat semakin mudahnya dalam jual beli.
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan E-Commerce
:
o
E-mail dan Messaging
o
Content Management Systems
o
Dokumen, spreadsheet, database
o
Akunting dan sistem keuangan
o
Informasi pengiriman dan pemesanan
o
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
o
Sistem pembayaran domestik dan internasional
o
Newsgroup
o
On-line Shopping
o
Conferencing
o
Online Banking
Waktu
pembuatan : Jumat, 22/06/2012
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar